Selasa, 19 Juli 2011

BELAJAR IS FUN

Oleh : Arsyad R

Asumsi Dasar
  • Kekuatan pikiran Anda yang tidak terbatas.
  • Otak Anda mempunyai potensi yang sama dengan otak Albert Einstein.
  • Keahlian memerlukan latihan dan pengulangan
  • Belajar bukanlah mengumpulkan informasi secara pasif, melainkan menciptakan pengetahuan secara aktif.
  • Kerja sama di antara pembelajar sangat membantu meningkatkan hasil belajar.
  • Kegagalan akan  membawa pada keberhasilan
Mengenal 8 Kecerdasan
-    Logis matematis
-    Linguistik
-    Interpersonal
-    Intrapersonal
-    Musikal
-    Naturalis
-    Spasial
-    Kinestetis
Mengenali Modalitas Belajar Anda
Visual : belajar dengan cara melihat
Auditorial : belajar dengan cara mendengar
Kinestetik : belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh
Menciptakan AMBAK = Apa Manfaatnya Bagi Ku
Segala sesuatu yang ingin anda kerjakan harus menjanjikan manfaat bagi anda atau anda tidak akan termotivasi untuk melakukannya.

Ketrampilan dalam belajar : membaca, mencatat, menghafal dan memanfaatkan waktu

MEMBACA
Halangan dalam membaca

  •  Membaca itu sulit
  • Anda tidak boleh menggunakan jari ketika membaca
  • Membaca harus dilakukan  dengan mengeja kata per kata
  • Anda harus membaca perlahan-lahan supaya dapat memahami isinya
Kiat-kiat untuk Membaca
  • "Mempersiapkan diri”
  • Meminimalkan gangguan
  • Duduklah dengan sikap tegak
  • Luangkan waktu bebarapa saat untuk menenangkan pikiran
  • Gunakan jari Anda atau benda lain sebagai petunjuka
  • Lihatlah sekolas bahan bacaan Anda sebelum mulai membaca
MENCATAT
Membuat Peta Pikiran
  • Di tengah-tengah kertas buatlah lingkaran sebagai gagasan utamanya
  • Tambahkan sebuah cabang dari pusatnya untuk tiap-tiap poin kunci – gunakan pulpen warna-warni
  • Tulislah kata kunci/frase pada tiap-tiap cabang, kembangkan untuk menambahkan detail-detail
  • Tambahkan simbol dan ilustrasi
  • Gunakan huruf-huruf kapital
  • Tulislah gagasan-gagasan penting dengan huruf-huruf yang lebih besar
  • Hidupkan peta pikiran anda
  • Garis bawahi kata-kata itu dan gunakan huruf-huruf tebal
  • Bersikap kreatif dan berani
  • Gunakan bentuk-bentukacak untuk menunjukkan poin-poin atau gagasan-gagasan
  • Buatlah peta pikiran secara horizontal
 MENGHAFAL
Teknik Asosiasi
Akronim dan Kalimat-Kalimat Kreatif

Memainkan Violin Bisa Memunculkan Jalinan Suara Unik Namun (Pasti)
Merkurius Venus Bumi  Mars Jupiter  Saturnus Uranus Neptunus Pluto
 
Tikus Suka Makan Termos Es
Troposfer  Strafosfer MesosferTermosfer Eksosfer

Mempelajari Buku Teks
1.    Ambil gambaran besarnya terlebih dahulu
-    baca halaman judul dan kata pengantar
-    pelajari daftar isi
-    mulai dari bab 1 dan baca sekilas buku tersebut
-    pada akhir bab, baca  seluruh ringkasannya
2.    Mulailah dengan bab-bab yang ditugaskan
3.    Bentuk informasi sesuai kebutuhan anda
4.    Libatkan emosi

Mengatur Waktu Belajar
1.    Tetapkan sasaran yang SMART
Sasaran ditargetkan pada waktu belajar yang tersedia
2.    Tetapkan waktu belajar berdasarkan materi yang perlu dipelajari
3.    Bersiaplah mengisi “sisa waktu”
4.    Buatlah kalender kerja
5.    Tetapkan rutinitas belajar
6.    Lakukan sekarang juga
MENUNDA = MASALAH
  •  Hilangkan alasan untuk menunda
  • Gunakan kalimat positif
  • Bagi sasaran besar menjadi sasaran kecil
  • Tetapkan prioritas
  • Terorganisir
Siapkan buku, pulpen stabilo dan singkirkan yang tidak diperlukan.
  • Berikan komitmen
  •  Beri hadiah buat diri sendiri
Menguji
  • Buatlah peta belaja
  • Belajar bersama
  • Mengajar/memberitahu

Sekali Lagi Mengenai Belajar
  • temukan suatu manfaat
  • berikan pujian positif untuk diri anda
  • ciptakan tempat yang aman untuk bekerja
  • sadarilah cara belajar anda
  • gunakan peta pikiran mapun catatan : TS
  • anggaplah menulis sebagai hal yang menyenangkan
  • ketahuilah kecepatan membaca anda
  • berpikir secara kreatuif dalam segala situasi
  • ingatlah untuk mengingat

Sumber Bacaan
De Porter, Bobbi. 1992. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Terjemahan). Bandung : Kaifa
Gunawan, Adi W. 2003. Genius Learning Strategi : Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Armstrong, Thomas. 2003. Sekolah Para Juara : Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan (Terjemahan). Bandung : Kaifa
Madden, Thomas L. 2002. F.I.R.E – U.P Your Learning : an Accelerated Learning Action Guide (Terjemahan). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbook : Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan (Terjemahan). Bandung : Kaifa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar