Senin, 19 Desember 2011

Membuat Presentasi Super Keren dengan Microsoft PowerPoint 2010

Judul Buku :  Membuat Presentasi Super Keren dengan Microsoft PowerPoint 2010
Penulis : Daniel Tirta, S.Kom
Penerbit : Media Inspirasi
Tahun Terbit : Agustus 2011

Seringkali kita mengabaikan tampilan dalam sebuah presentasi, dengan hanya mengutamakan isi/konten dari sebuah presentasi yang kita buat. Isi/konten dari sebuah presentasi memang yang utama, namun jangan pernah mengabaikan penampilan dari sebuah presentasi. Presentasi yang menarik dapat memberikan kesan yang mendalam bagi audience yang memperhatikan presentasi Anda. Dengan begitu, audience  akan merasa "betah" memperhatikan Anda. Bahkan, kadang sebuah presentasi yang ditampilkan dengan baik akan lebih memudahkan audience untuk memahami isi/konten yang ada ketimbang presentasi yang ditampilkan dengan yang ada ketimbang presentasi yang ditampilkan dengan tampilan apa adanya.


Kumpulan animasi dan efek memukau yang membuat presentasi Anda jauh lebih menarik!
Countdown Timer
Grayscale to Color
Proses Loading
Efek Ledakan
Efek Blastin Text
Efek Motion Leaf

Ayo rajin belajar..bedakan antara meniru..memodifikasi..dan meng-copy paste
Praktekkan

Kisi-kisi Ujian Nasional 2012

Belajar Tekun
Kisi-kisi ujian nasional telah diluncurkan oleh BSNP pada tanggal 15 Desember 2011 dengan harapan agar para guru dan siswa dapat lebih dini fokus pada materi yang akan diujikan dalam Ujian Nasional 2012. Bagi siswa agar mereka menjadi lebih semangat belajar sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Bagi guru agar bisa menghantarkan keberhasilan peserta didiknya.





Download kisi-kisi ujian nasional untuk SMP/MTs/SMPLB/SMA/MA/SMALB/SMK di sini
atau di sini

Jumat, 16 Desember 2011

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sebentar lagi siswa-siswi kita akan menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2011/2012. Keberhasilan Ujian Nasional sangat ditentukan oleh banya faktor diantaranya adalah belajar teratur dan kerja keras. Akan tetapi dalam belajar harus benar-benar memahami materi yang dipelajarinya. Salah satu strategi meraih keberhasilan Ujian Nasional adalah memahami betul Kisi-Kisi soalnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi kisi-kisi soal Ujian Nasional tahun pelajaran 2011/2012. Semoga berguna dalam upaya mempersiapkan para peserta didik menghadapi Ujian Nasional. Bagi kawan yang masih bingung bagaimana cara mendownload, baca saja tutorialnya yach...

 



tutorial untuk download klik di sini

Senin, 12 Desember 2011

Menentukan Jarak dan Pembesaran Bayangan Oleh Cermin Cekung

Bagi yang baru berkunjung, alangkah baiknya membaca tulisan saya Pembentukan Bayangan Oleh Cermin Cekung.
Dalam menghitung jarak dan tinggi bayangan benda oleh cermin cekung dapat digunakan dua cara, yaitu cara geometri dan juga menggunakan persamaan matematika.
Karena kita sedang membahas optik geometri, maka kita bahas cara geometri terlebih dahulu. Jika kita sudah banyak latihan cara ini akan

Sabtu, 10 Desember 2011

Pembentukan Bayangan Oleh Cemin Cekung (Concave Mirror)

Cermin cekung memiliki ciri khusus yaitu jika dikenakan berkas sinar sejajar sumbu utama akan dipantulkan menuju pada suatu titik yang dinamakan titik fokus. Oleh karena itu cermin cekung memiliki sifat konvergen (mengumpulkan berkas cahaya). Seperti pada gambar berikut:
Sebelum lebih jauh membahas pembentukan bayangan oleh cermin cekung, kita harus mengenal dulu bagian - bagian dari cermin

Kamis, 08 Desember 2011

INIKAH KEDALAMAN NERAKA??

Dari Abu Hurairah رضي الله عنه pula, katanya: "Kita semua bersama Rasulullah صلی الله عليه وسلم, tiba- tiba terdengarlah suara benda yang jatuh keras, lalu beliau bersabda: "Adakah engkau semua mengetahui suara apakah ini?" Kita semua berkata: "Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui." Beliau صلی الله عليه وسلم lalu bersabda: "Ini adalah batu yang di Iemparkan ke dalam neraka sejak tujuh puluh tahun yang lalu dan kini sudah sampai di dasar neraka itu. Maka dari itu engkau semua dapat mendengarkan suara jatuhnya." (Riwayat Muslim)


Seberapa dalam neraka itu? Mari kita hitung seberapa kedalaman neraka itu berdasarkan perhitungan fisika. Berdasarkan dari hadits di atas, bahwa sebuah benda baru sampai di tanah setelah menempuh jarak 70 tahun. Anggap benda jatuh bebas, sehingga berdasakan konsep fisika bahwa benda yang jatuh bebas maka akan memenuhi persamaan :
  • Ketinggiannya : h=1/2 gt^2
  • Kecepatan jatuhnya : v=√2gh
Mari kita hitung bersama!

  1. Untuk menghitung ketinggiannya (kedalaman) maka kita gunakan persamaan: h=1/2 gt^2
Jika g = 10 m/s^2 dan t = 70 tahun = 70 x 365 x 24 x 3600 = 2,060352.10^10 s, maka:
h=1/2.10.(2,060352.〖10〗^10 )^2
h =2,122525181952 .10^21 m, anggap kita bulatkan menjadi : h = 2. 10^21 m atau 2. 10^18 km (bacane ndean….: 200 trilyun trilyun km)
Subhanallah………!!!!

    2.  Untuk menghitung kecepatan jatuhnya kita gunakan persamaan : v=√2gh
v=√(2.10.2.〖10〗^21 )
v = 2. 10^11 m/s
Subhanallah…..begitu cepatnya.

Perhitungan di atas hanyalah berdasakan konsep fisika. Seberapa kedalaman neraka sesungguhnya hanya Allah Yang Maha Tahu.

Wallahu’Alam.

Selasa, 06 Desember 2011

SOAL IMPULS DAN MOMENTUM

1. Sebuah benda yang massanya 0,5 kg berada dalam keadaan diam. Kemudian, benda tersebut dipukul dengan gaya sebesar F sehingga benda bergerak dengan kecepatan 10 m.s-1. Jika pemukul menyentuh benda selama 0,01 sekon, tentukanlah:
a. perubahan momentum benda, dan
b. besarnya gaya F yang bekerja pada benda

2. Sebuah mobil mainan bermassa 1,5 kg bergerak dengan kecepatan tetap 10 m-1. Jika beban 1 kg diletakkan di atas mobil mainan tersebut maka berapakah kecepatannya sekarang?

3. Balok kayu tergantung oleh seutas tali yang panjangnya l = 40 cm seperti pada gambar di bawah ini.

Balok tersebut ditembak mendatar dengan sebutir peluru yang bermassa 20 gr dan kecepatan vp. Massa balok 9,98 kg dan percepatan gravitasi 10 m/s2. Jika peluru mengenai balok dan bersarang didalamnya sehingga balok dapat bergerak naik setinggi 20 cm maka berapakah kecepatan peluru tersebut?
4. Dua bola bergerak saling mendekati seperti pada gambar di bawah ini.


Jika kedua bola bertumbukan lenting sempurna maka tentukan :
a.    jumlah energi kinetik bola setelah tumbukan
b.    kecepatan kedua bola setelah tumbukan

5. Sebuah bola dilepaskan dari ketinggian 8 m. Setelah menumbuk lantai, bola memantul dan mencapai ketinggian 5 m. Hitunglah koefisien restitusi pantulan dan ketinggian setelah pantulan kedua!

Jumat, 02 Desember 2011

Metodologi Pembelajaran Fisika : Konstruktivitik dan Menyenangkan

Tulisan ini merupakan ringkasan dari buku karangan Paul Suparno yang berjudul Metodologi Pembelajaran Fisika : Konstruktivistik dan Menyenangkan.

PENDAHULUAN
Kritik terhadap guru fisika baru adalah mereka kurang kompeten sebagai guru, yaitu (1) kurang menguasai bahan fisika, dan (2) kurang mampu mengajarkan bahan itu kepada siswa dengan tepat, menarik, dan efektif.
Unsur yang terpenting dalam pembelajaran yang baik adalah (1) siswa yang belajar, (2) guru yang mengajar, (3) bahan pelajaran, dan (4) hubungan antara guru dan siswa.

Mempersiapkan diri menjadi guru fisika yang profesional
1.    Penguasaan bahan fisika
2.    Mengerti tujuan pengajaran fisika
3.    Guru dapat mengorganisasi pengajaran fisika
4.    Mengerti situasi siswa
5.    Guru dapat berkomunikasi dengan siswa
6.    Guru menguasai berbagai metode

LANDASAN  TEORI PEMBELAJARAN FISIKA
1.    Filsafat konstruktivisme
2.    Teori intelegensi majemuk atau multiple intelligences
3.    Teori perkembangan kognitif Piaget
4.    Doing sciences
5.    Less is more
6.    Guru fisika sebagai pengajar dan pendidik yang demokratis
7.    Perkembangan teknologi informasi / komputer

BEBERAPA METODE PEMBELAJARAN FISIKA
Metode pembelajaran yang dipilih dipengaruhi oleh filsafat konstruktivisme, teori kecerdasan majemuk, tingkat perkembangan kognitif seseorang, relasi guru dan siswa yang lebih dialogis. Metode diurutkan  yang sangat kontruktivis sampai yang cukup konstruktivis. Metode itu antara lain adalah :
1.    Inquiry (penyelidikan)
2.    Dicovery
3.    Eksperimen atau laboratorium
4.    Simulasi – role play
5.    Fisika aneh – Fun – Misteri
6.    Permainan – games
7.    Model anomaly
8.    Model Galileo
9.    Problem solving
10.   Problem composing
11.   Model POE
12.   Kuis
13.   Simulasi komputer
14.   Internet – e-learning
15.   Video, CDROM, film
16.   Karya wisata (field trip)
17.   Pasar malam – pasar raya
18.   Lingkungan hidup
19.   Hand-on activities
20.   Model proyek
21.   Diskusi kelompok
22.   Debat
23.   Cooperative learning (belajar bersama)
24.   Peer tutoring
25.   Demontrasi
26.   Peta konsep
27.   Analogi – bridging analogi
28.   Permainan kartu
29.   Pembelajaran reflektif
30.   Ceramah siswa aktif
31.   Kegiatan penunjang lain
a.    Seminar fisika
b.    Pameran karya fisika
c.    Lomba fisika – olimpiade fisika
d.    Majalah dinding – jurnal fisika

Kamis, 01 Desember 2011

AIR HUJAN YANG MELAJU DENGAN AMAN

Di dalam ayat kesebelas Surat Az-Zukhruf, hujan dinyatakan sebagai air yang diturunkan dalam “ukuran tertentu”. Sebagaimana ayat di bawah ini:

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ مَهْدًا وَجَعَلَ لَكُمْ فِيهَا سُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

“Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).” (QS. Az-Zukhruf : 11)

“Kadar” yang disebutkan dalam ayat ini merupakan salah satu karakteristik hujan. Secara umum, jumlah hujan yang turun ke bumi selalu sama. Diperkirakan sebanyak 16 ton air di bumi menguap setiap detiknya. Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi setiap detiknya. Hal ini menunjukkan bahwa hujan secara terus-menerus bersirkulasi dalam sebuah siklus seimbang menurut “ukuran” tertentu.

Pengukuran lain yang berkaitan dengan hujan adalah mengenai kecepatan turunya hujan. Ketinggian minimum awan adalah sekitar 12.000 meter. Dengan perhitungan fisika, menggunakan persamaan yang kedua dari gerak jatuh bebas (GJB) seketika turun dari ketinggian ini, sebuah benda yang memiliki massa dan ukuran sebesar tetesan hujan akan terus melaju dan jatuh menimpa tanah dengan kecepatan : v = akar 2. 9,8. 12000 = 484,97 m/s atau 1756,79 km/jam. Tentunya, objek apapun yang jatuh dengan kecepatan tersebut akan mengakibatkan kerusakan. Dan apabila hujan turun dengan cara demikian, maka seluruh lahan tanaman akan hancur, pemukiman, perumahan, kendaraan akan mengalami kerusakan, dan orang-orang pun tidak dapat pergi keluar tanpa mengenakan alat perlindungan ekstra. Terlebih lagi, perhitungan ini dibuat untuk ketinggian 12.000 meter, faktanya terdapat awan yang memiliki ketinggian hanya sekitar 10.000 meter. Sebuah tetesan hujan yang jatuh pada ketinggian ini tentu saja akan jatuh pada kecepatan yang mampu merusak apa saja.

Namun tidak demikian terjadinya, dari ketinggian berapapun hujan itu turun, kecepatan rata-ratanya hanya sekitar 8-10 km/jam ketika mencapai tanah. Hal ini disebabkan karena bentuk tetesan hujan yang sangat istimewa. Keistimewaan bentuk tetesan hujan ini meningkatkan efek gesekan atmosfer dan mempertahankan kelajuan tetesan-tetesan hujan krtika mencapai “batas” kecepatan tertentu. (Saat ini, parasut dirancang dengan menggunakan teknik ini).

Tak sebatas itu saja “pengukuran” tentang hujan. Contoh lain misalnya, pada lapisan atmosferis tempat terjadinya hujan, temperatur bisa saja turun hingga 400oC di bawah nol. Meskipun demikian, tetesan-tetesan hujan tidak berubah menjadi partikel es. (Hal ini tentunya merupakan ancaman mematikan bagi semua makhluk hidup di muka bumi.) Alasan tidak membekunya tetesan-tetesan hujan tersebut adalah karena air yang terkandung dalam atmosfer merupakan air murni. Sebagaimana kita ketahui, bahwa air murni hampir tidak membeku pada temperatur yang sangat rendah sekalipun.

Tentu saja, air hujan tak serta merta memiliki kemampuan seperti ini. Hanya AllahYang Maha Kuasa, yang mampu mengatur alam semestasecanggih ini.

"Dan kepunyaan-Nya lah segala apa yang ada di langit dan bumi dan untuk-Nya lah ketaatan itu selama-lamanya. Maka mengapa kamu bertakwa kepada selain Allah?" (QS. An Nahl:52)

sumber: diolah dari berbagai sumber

SOAL USAHA DAN ENERGI

1. Mobil yang massanya 2.000 kg bergerak dengan kecepatan 72 km/jam. Beberapa saat kemudian mobil berhenti. Setelah menempuh jarak 50 meter, kecepatan mobil menjadi 36 km/jam. Berapakah usaha yang dilakukan oleh gaya pengereman mobil tersebut?

2. Sebuah benda yang massanya 2 kg dilepas dari ketinggian 10 m di atas tanah (A). Jika diketahui g = 10 m/s2;, maka hitunglah kecepatan benda ketika mencapai tanah (B) dan kecepatan benda ketika berada di tengah antara tinggi semula dan tanah (C)!


3. Perhatikan gambar di samping! Suatu partikel dengan massa 1 kg didorong dari permukaan meja hingga kecepatan pada saat lepas dari bibir meja sebesar 2 m/s.
Jika g = 10 m/s2 dan pada saat ketinggiannya dari tanah 1 m, maka tentukan :
a. Energi kinetik
b. Energi potensial
c. Kecepatan benda saat menyentuh tanah

4. Sebuah pompa air mampu mengangkat 180 kg air per menit melalui ketinggian 5 meter. Tentukan daya yang dihasilkan pompa tersebut jika :
a. Memiliki efisiensi 100%
b. Memiliki efisiensi 55%

5. Balok A yang bermassa 2 kg menggelincir dari atas sebuah bidang miring yang licin.

Balok tersebut menumbuk pegas yang terletak pada bagian dasar bidang miring. Hitunglah: (g = 10 m/s2)
a. Kecepatan balok saat menumbuk pegas
b. berapa jauh pegas tertekan, jika konstanta pegas 100 N/m!