Sabtu, 15 Oktober 2011

Memburu E-Learning

Perjalanan mulai mengejar ilmu berbasis e-learning diawali dengan keikutsertaan saya mengikuti lomba penulisan karya tulis ilmiah (KTI) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Purbalingga, sekitar bulan mei 2011. Judul yang saya ambil, yaitu "Perancangan E-Learning Virtual Classroom Menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash". Artikel bisa dilihat atau download di sini.

Selanjutnya, saya mengikuti lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berjudul "Hukum Newton tentang Gerak" menggunakan program macromedia flash 8. Lomba ini juga diselenggarakan oleh BPTIKP Jawa Tengah pada bulan Agustus. Presentasi dilaksanakan tanggal 15 - 16 Agustus 2011, bulan puasa saat itu.

Selepas lomba MPI, saya mengikuti lomba Blog Guru yang juga diselenggarakan oleh BPTIKP Jawa Tengah. Alamat blognya : http://arsyadriyadi.blogspot.com, yang bisa mendapat peringkat 9. Bagi saya ini hal yang luar biasa. Pertama, baru mulai belajar blog. Yang kedua blog ini masih sangat muda.

Bulan berikutnya, tanggal 14 - 16 Oktober 2011 dapat mengikuti Training of Trainer (TOT) "Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran."
Materi pokok :
1. Memanfaatkan FOSS untuk Pembelajaran
2. Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dan Desain Komunikasi Visual (DKV)
3. Aplikasi Portal Belajar

Dan sampai sekarang..pencarian-pencarian e-learning masih terus berjalan...Semangat jangan sampai pudar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar