Minggu, 14 Maret 2010

Laser



Menonton film fiksi ilmiah akan membuat Anda terkesan bahwa senjata pilihan di masa depan bisa berupa kilatan cahaya. Entah itu sebuah pistol kecil atau meriam yang mampu menjatuhkan pesawat angkasa, laser tampaknya menjadi senjata pilihan pada perang di abad mendatang.

Kita mungkin tidak memiliki baut menembak pesawat ruang angkasa cahaya cukup saling, tetapi terjadi demonstrasi baru-baru ini di California kita mungkin peledakan musuh sedikit lebih kecil dari langit. Nyamuk diatur menjadi yang pertama dalam kehidupan nyata korban senjata laser.



Miliarder pendiri Microsoft, Bill Gates, dan istrinya Melinda, para ilmuwan menetapkan sebuah tantangan untuk menemukan cara-cara yang efisien biaya untuk mengurangi jumlah kematian akibat penyakit parasit malaria. Perusahaan riset 'Intelektual Usaha Laboratorium' menerima tantangan dan mulai bekerja pada sebuah perangkat yang menggunakan laser kecil untuk dengan cepat zap setiap nyamuk yang cukup beruntung untuk terlalu dekat.



Penembak tajam kecil ini dilaporkan mampu menembak jatuh antara lima puluh dan seratus serangga dalam hitungan detik. Karena parasit malaria yang disebarkan oleh perempuan dari nyamuk Anopheles, menjaga diri mozzies juga harus mencegah orang yang terinfeksi. Para peneliti telah merancang sebuah sistem yang akan mengidentifikasi hanya nyamuk betina, meninggalkan serangga lain sendirian. Vaksin terhadap malaria masih ada waktu istirahat. Menggunakan kelambu pada malam hari efektif, tapi hanya jika mereka digunakan dengan benar.



Sebuah perangkat yang murah selektif membunuh nyamuk tanpa mengandalkan pasokan bahan kimia akan menjadi alat yang berguna dalam memerangi penyakit mematikan ini. Kata 'laser' dimulai sebagai singkatan untuk kata-kata “Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation”. Laser adalah cara yang efisien memperkuat energi cahaya, membuat mereka berguna untuk membakar atau memotong bahan. Sejumlah industri menggunakan sinar laser untuk memotong bahan sehalus kulit manusia atau setangguh pelat logam tebal. Di masa lalu, laser bahkan telah diusulkan sebagai cara untuk meledakkan rudal masuk. Kita mungkin tidak punya ruang intergalaksi pilot bersenjata dengan pistol laser, tetapi harus Bumi pernah diserang oleh makhluk asing raksasa nyamuk, kita akan siap.

(sumber: CSIRO)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar