Kompetensi 1
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator 1
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi 2
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator 2
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator 3
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator 4
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi 3
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator 5
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator 6
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
Indikator 7
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator 8
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
Kompetensi 4
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
Indikator 9
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
Indikator 10
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator 11
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi 5
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator 12
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
Indikator 13
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator 14
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator 15
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan.
Indikator 16
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
Kompetensi 6
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
Indikator 17
Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
Kompetensi 7
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
Indikator 18
Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi 8
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat- sifat, dan perubahannya.
Indikator 19
Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
Indikator 20
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan
Kompetensi 9
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
Indikator 21
Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya
Indikator 22
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar