Sabtu, 25 Oktober 2008

SOAL USAHA DAN ENERGI

1. Sebuah bom yang bermassa 10 kg dijatuhkan dari pesawat yang terbang horizontal dengan kelajuan 270 km/jam. Ketinggian pesawat 100 m di atas tanah. Tentukan energi kinetik ketika bom mencapai ketingian 25 m di atas tanah.

2. Salah satu ujung sebuah pegas spiral dengan konstanta gaya k = 5.103 N/m diikatkan pada lantai, kemudian pegas itu ditekan sejauh 10 cm dan dipuncak pegas ditempatkan beban 5 kg. Setelah tekanan pada pegas dihilangkan beban terlontar vertical ke atas. Carilah berapa tinggi beban itu terlontar diukur dari posisi setimbang pegas tanpa beban.

3. Berapa lama akan diperlukan oleh sebuah motor 1.700 watt untuk mengangkat sebuah piano 350 kg ke suatu jendela lantai keenam setinggi 16,0 meter di atas ?

4. Sebuah balok kayu 180 gram ditekankan pada pegas sangat ringan tetapi kuat secara horizontal. Balok dapat bergerak sepanjang alas horizontal dengan koefisien gesekan 0,3, Jika sebuah gaya 20 N menekan pegas sedalam 18 cm kemudian dilepaskan, maka hitunglah jarak yang ditempuh balok hingga berhenti.

5. Sebuah mobil memiliki massa dua kali massa mobil kedua, tapi hanya memiliki Ek sebesar setengah Ek mobil kedua. Bila kedua mobil meningkatkan kelajuan sebesar 6 m/s, maka kemudian mereka memiliki Ek sama. Berapa kecepatan masing-masing dari kedua mobil itu mula-mula ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar