Senin, 09 November 2009

Email Aman di Facebook



Tahukah Anda bahwa facebook itu mempunyai fitur penggantian email amanbagi para penggunanya, fasilitas dimana jika kita berpindah email sebagai id login facebook. Kenapa saya bilang aman? begini narasinya

Anjar seorang yang maniak sekali dengan facebook, dimana setiap hari dia bermain, bersosialisasi, dan bahkan berbisnis melalui facebook. Suatu saat dimana pekerjaannya menumpuk Anjar tidak sempat membuka facebook. Padahal facebook seperti obat baginya yang musti dimakan (eh dibuka) 3 kali sehari. Setelah melawati minggu yang berat dimana pekerjaan membrantas kejahatanmenumpuk akhirnya selesai, Anjar mempunyai waktu untuk membuka facebook. Tapi ternyata ada hal yang aneh. Id login facebooknya (email) dinyatakan tidak valid?

Setelah diselidiki lebih lanjut dan terungkaplah kejahatan seorang pesaing bisnisnya yang mengganti id login (email) Anjar dengan id login lain yang bukan miliknya.

Setelah gusar gelisah dan meneteskan air mata (berlebihan ) Anjar teringat nasehat temannya untuk mengakses sebuah blog bernama Tips-FByang berisi berbagai macam berita, tips dan trik facebook (promosi lagi...hehehe). Ternyata Anjar pun menemukan sebuah artikel yang menarik berhubungan dengan kasusnya yaitu "Email Aman Facebook Aman", dan disitu dijelaskan bahwa:

"Dengan email yang aman maka facebook Anda akan aman"

Dalam arti bedakan password email dengan password facebook dan pastikan email yang digunakan untuk facebook benar-benar aman. Jika id facebook Anda dicuri dan diganti dengan email lain maka silakan saja akses email Anda dan cari email yang berjudul "Facebook Contact Email Change Notification" dan klik link panjang yang merupakan pembatalan perubahan email.

Setelah melakukan pembatalan perubahan email Anda akan dikirimi "Facebook Password Reset Confirmation" yang menyuruh anda untuk mengganti password. Ingat ! password yang lama tidak bisa dipakai lagi karena masalah keamanan.

"Intinya facebook akan memberikan konfirmasi pergantian email ke email yang sebelumnya dipakai sebagai email pendaftaran facebook untuk menghindari pencurian akun"

Dan akhir cerita selamatlah Anjar dari pencurian akunnya dan kembali beraktivitas seperti biasa di facebook yang kemudian bertambah menjadi 5x sehari (lebih dari minum obat)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar