Senin, 02 November 2009

Tirulah kakakmu yang berhasil dengan metode belajarnya

Nama : Yong Wie Hua

Kelas : IIA1 / 38

Tahun ajaran : 2001-2002

Metode Belajar :

Metode balajar setiap anak berbeda satu dengan lainnya.Tetapi yang terpenting adalah penggunaan metode belajar harus sesuai dengan karakter/sifat si anak.Metode/cara belajar yang saya lakukan tidak ada yang istimewa.Semua proses belajar berjalan sewajarnya.Saya belajar terutama pada saat akan mengahadapi ulangan.Itu pun sehari sebelum ulangan tersebut berlangsung.Biasanya saya akan tidur siang terlebih dahulu agar pada malam harinya saya merasa segar dan tidak letih akibat aktivitas disekolah.Saya belajar biasanya pada malam hari pukul 19.30 samapai waktu yang tidak dapat ditentukan secara pasti.Tergantung banyaknya materi yang harus dijadikan bahan ulangan.Untuk ulangan teori,saya akan mencari intinya dan menghafalkanya ataupun akan saya kembangkan dengan kata-kata saya sendiri.Sedangkan untuk ulangan yang bersifat hitung menghitung,pertama-tama saya akan mempelajari rumusnya dan baru setelah itu saya akan mengerjakan soal-soal.lamanya saya belajar tidak tentu.Selain itu,untuk hari-hari biasa saya yang tidak ada ulangan saya kadang-kadang belajar kadang –kadang tidak.Semua tergantung pada saat mood saya.

Dalam belajar saya mengutamakan keadaan yang tenang.Sebab dalam keadaan tenang.materi lebih mudah dihafal dan dipahami.Bila suatu saat timbul rasa jenuh,saya akan berhenti belajar dan melakukan aktivitas yang disenangi untuk mengembalikan kesegaran otak dan setelah segar kembali belajar.

Dalam menghadapi ulangan umum,metode belajarnya tidak jauh berbeda dengan ulangan harian.Hanya saja waktu belajarnya lebih lama dibanding biasanya dan saya akan belajar mulai bahan cawu III kemudian cawu II dan cawu I.Hal ini disbabkan komposisi cawu III lebih banyak dibandingkan cawu sebelumnya.

Adapun waktu luang yang tersisa.Kadang-kadang akan saya gunakan untuk membaca ulang materi-materi yang baru dijelaskan.Tapi hali ini tidak selalu saya gunakan untuk belajar.bisa juga digunakan untuk menyalurkan hobi.Tergantung situasi saat itu.tapi yang terpenting dari segalanya adalah niat drai seseorang murid untuk mau belajar,biar bagaimana hebat atau bagusnya metode belajar tapi bila tidak ada niat untuk melakukanya dengan sunguh-sungguh akan sia-sia.


Siswa ini pernah mendapat prestasi siswa teladan terbaik seBekasi waktu kelas II SMA, Hebat, ya. tapi tahun berikutnya ada penerusnya lho, ingin tahu ?, tunggu saja kabar berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar