Kamis, 28 Januari 2010

Kiat Menyembuhkan Luka Cinta

Siapa yang lagi patah hati sekarang hayoooo ngaku????.... hehehehehe.

Buat anda yang patah hati. Apakah patah hati dapat diatasi??? Tentu. Para Psikolog berpendapat bahwa bagi penderita patah hati agar tetap percaya diri dan yakin bahwa masalah yang dihadapinya akan bisa diatasi oleh orang yang bersangkutan. Orang yang patah hati tersebut harus terus-menerus meyakinkan dirinya bahwa ia bisa mengatasi patah hatinya.

Pada gilirannya, ia pun bisa diharapkan menerima kenyataan yang telah terjadi. Namun melalui masa-masa yang menyakitkan itu memerlukan waktu, yang rentangnya bisa tidak sama pada masing-masing orang. Rentang itu tergantung pada seberapa keras usaha orang yang sedang patah hati untuk mengatasi masalah yang menungkung dirinya. Beberapa ahli menyarankan beberapa tindakan-tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh orang yang sedang patah hati.

Patah hati itu memang sakit rasanya. Meskli tidak kelihatan namun masih membekasa di hati. Ada beberapa macam untuk melupakan luka di hati. Sebenarnya antara perempuan dan laki-laki hampir sama caranya. Coba intip apa yang kerap dilakukan wanita dan Pria yang sedang patah hati:

Perempuan
  • Menyimpan atau megembalikan semua barang-barang milik dia atau pemberiannya, memutuskan kontak, mengubah penampilan, memanjakan diri, bicara dan berbagi pengalaman denga orang lain, menulis diari.
  • Menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas baru, membaca buku, menonton film untuk membangkitkan semangat.
  • Menguatkan diri bahwa anda lebih mencintai orangtua daripada kekasih. Mengingat kembali bahwa hubungan anda dengannya tidak terlalu manis. Memupuk harapan agar mendapat laki-laki lain yang lebih baik dari dia.
  • Bergabung dalam club hobi atau komunitas baru yang menyibukkan diri dengan pekerjaan.

Laki-laki
  • Berkumpul dan bersenang-senang dengan teman-teman satu geng, chatting, menebar pesona pada perempuan baru.
  • Mengubah gaya rambut, membeli farfum baru yang tidak mengingatkan denga aroma yang tidak mengingatkan dirinya pada kekasihnya, mendekati gebetan baru, travelling.
  • Jalan bersama teman-teman, ikut kegiatan hobi, belanja.
  • Bergabung denga komunitas hobi dan membuka pertemanan baru.
  • Mendengarkan music, menonton film, ikut latihan kebugaran, memakai benda-benda yang semasa pacaran dibenci oleh pasangannya, misalnya mendengarkan lagu atau memakai pakaian yang dulu slalu di kritik dia.

  1. Lupakan segala sesuatu terhadap mantan kekasih anda, putuskan kontak, dan jangan biarkan ia hinggap dalam pikiran anada. Walau demikian, anda tidak perlu membencinya, artinya, persahabatan dan silaturahim harus tetap diupayakan, bila sesuatu saat bertemu tidak sengaja, anda tidak perlu menghindar. Dan anda tidak perlu menelponnya kalau tidak perlu sekali.
  2. Biala anda dan mantan kekasih anda pernah saling membeli barang, kembalikan saja barang-barang pemberiannya, atau beriklan kepada yang membutuhkan, misal yayasan yati piatu, atau boleh juga singkirkan sementara untuk menghapus kenangan terhadap dia.
  3. Perbanyakn kesibukan-kesibukan sosial, kesibukan yang dapat membantu dan meringankan beban orang lain. Penelitian membuktikan, bahwa menolong orang lain akan menimbulkan rasa nyaman bagi pelakunya. Banyak cara untuk melakukan hal itu, misal menjadi sukarelawan bakti sosial, panitian keagamaan, atau kegiatan lain yang berguna.
  4. Anda harus mengevaluasi kegagalan hubungan anda dan pelajari sebab-sebab kegagalan  hubungan tersebut. Tumpahkan isi hati dan uneg-uneg anda kedalam catatan atau diary. Jangan ragu kalau anda ingin memakai kata atau kalimat makian. Menumpahkan semua pikiran yang ada di kepala ke alam suatu tulisan dapat merngankan beban anda. Cara yang paling sederhana menumpahkan isi hati dan pikiran adalah dengan menulis, bila tidak, seperti sebuah saluran, ia akan terhambat dan suatu saat akan meledak. Hal ini juga perlu, bila suatu saat nanti ketika anda membuka kembali catatan anda, jangan kaget, jika anda kemudian menemukan jalan ke hal-hal yang baru dan dapat lebih memahami kecendrungan yang ada pada diri anda sendiri. Sehingga dikemudian hari anda sudah punya gambaran seperti apa hubungan yang anda inginkan.
  5. Bila perasan kesepian menghampiri anda, kunjungilah sahabat atau keluarga terdekat anda dan lakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti bermain kartu atau berceritalah hal-hal yang ringan dan lucu, seperti masa kecil anda atau ketika anda bersekolah dulu.
  6. Sediakan waktu anda untuk memnajakan diri sendiri. Datanglah ke tempat yang membuat anda rileks da santai, seperti salon, spa, pijat refleksi, sauna, lulur atau bahkan menonton film. Bisa juga kesebuah pesta yang sudah anda ketahui sebelumnya hanya akan dihadiri oaleh sedikit orang.
  7. Bila rasa sakit sudah begitu meluap, carilah saluran yang positif, seperti olahraga, bermain video game, atau melakukan meditasi.
  8. Tekuni kembali hobi lama anda, atau carilah kegemaran baru, misal melalui kursus atau pelatihan. Pada kesempatan ini, mungkin anda masih menutup diri tentang kemungkinan berkenalan dengan orang-orang baru. Tidak ada yang terlalu cepat untuk bertemu berkenalan engan orang-orang baru meskipun hubungan anda dengan kekasih baru berakhir bebrapa hari.
  9. Bacalah buku, majalah atau putarlah film yang dapat menggugah inspirasi anda.
  10. Binatang piaraan adalah sesuatu hal yang menarik. Binatang piaraan akan memberikan cinta tak terbatas kepada anda.
Memang tidak ada jaminan yang pasti patah hati anda akan terobati jika mengikuti saran-saran tersebut. Tapi, setidaknya langkah-langkah itu dapat menjadi sedikit pematik untuk menyalakan semangat, sehingga anda kembali siap menjalin hubungan asmara yang baru.

orang yang telah berhasil menyembuhkan sakit hatinya seringkali tidak menyangka sebelumnya kalau bisa bangkit lagi. Padahal asal mau, pasti mereka bisa membuka hati dan jatuh cinta lagi. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar