Senin, 08 November 2010

Positronium Tersebar Seperti Elektron

Atom Positronium telah ditemukan untuk menyebarkan off partikel gas dalam cara yang sama seperti elektron tunggal, sebuah temuan yang bisa membantu para astronom menafsirkan beberapa pengamatan mereka lebih membingungkan, dan yang mungkin memiliki aplikasi dalam pengobatan
 
Positronium (Mzm) atom sangat atom hidrogen seperti tidak stabil mengandung positron (pasangan antimateri bermuatan positif elektron) dan elektron. Mereka terbentuk dalam jumlah besar setiap kali positron berinteraksi dengan materi, tetapi hancur dalam waktu kurang dari satu mikrodetik untuk menghasilkan sinar gamma. Sebuah artikel PhysOrg sebelumnya menggambarkan pengamatan pertama molekul positronium, yang terdiri dari dua atom positronium.
Para ilmuwan telah diketahui bahwa ketika elektron atau positron dipecat melalui gas, mereka tersebar dari partikel-partikel gas pada tingkat diprediksi. Peneliti dari Departemen Fisika dan Astronomi di Universitas College London di Inggris, atom positronium diharapkan memiliki tingkat hamburan yang berbeda karena mereka netral dan dua kali lipat massa elektron atau positron. Mereka terkejut menemukan harga hamburan mereka hampir identik dengan yang dihasilkan oleh elektron telanjang bergerak pada kecepatan yang sama, seolah-olah pengaruh positron entah bagaimana berjubah.
Para peneliti membuat penemuan mereka dengan atom positronium menembak ke berbagai gas, termasuk kripton, hidrogen, dan uap air, dengan kecepatan hingga 4400 kilometer per detik energi dan dampak 250 eV.
Pemimpin tim, Gaetana Laricchia, mengatakan mengetahui bagaimana positronium berinteraksi dengan media sekitarnya, apakah itu gas antar bintang atau jaringan manusia, adalah penting, dan hasilnya mungkin berguna untuk tomography emisi positron (PET) scan digunakan dalam kedokteran. Dalam PET memindai tracer glukosa radioaktif disuntikkan ke dalam tubuh manusia. pelacak yang memancarkan positron dan mereka pada gilirannya menghasilkan atom sebentar positronium bahwa peluruhan hampir seketika untuk menghasilkan sinar gamma, yang langkah-langkah pemindai.
Lariccia mengatakan mengetahui lebih lanjut tentang tarif positronium hamburan harus memungkinkan untuk memperbaiki perkiraan jarak yang ditempuh oleh positronium, yang akan memungkinkan volume tumor yang akan diukur dengan lebih akurat. Hal ini juga bisa membantu menjelaskan bagaimana atom positronium deposit energi mereka saat mereka bertabrakan dengan molekul dalam jaringan, yang dapat membantu untuk membatasi kerusakan pada jaringan sehat.
Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Science, juga dapat berguna untuk astronom sejak positronium dikenal untuk membentuk di angkasa, dan pemahaman tentang bagaimana berinteraksi dengan awan gas antar bintang dapat membantu menentukan posisi dari beberapa sumber positron misterius di galaksi kita.
Informasi lebih lanjut: Electron-Suka Hamburan dari Positronium, SJ Brawley dkk, Ilmu 5 November 2010: Vol. 330. no. 6005, p. 789

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar