Kamis, 29 Mei 2008

MISKONSEPSI GERAK

  1. Banyak siswa yang berpikir, jika dua benda bergerak dalam waktu yang bersamaan, maka akan mempunyai jarak tempuh yang sama pula. mereka pada lupa bahwa kecepatan awal perlu diperhitungkan karena unsur tersebut membuat jarak berbeda. dalam persamaan S=Vo.t + 1/2 at2 tampak bahwa kecepatan awal (Vo) ikut menentukan jarak yang ditempuh suatu benda. Dua benda yang bergerak dengan kecepatan awal berlainan, meskipun waktu dan percepatannya sama, akan menempuh jarak yang berbeda.
  2. Siswa beranggapan bahwa percepatan selalu terjadi dalam arah yang sama dengan benda yang bergerak. mereka tidak mengerti bahwa ada yang disebut perlambatan atau percepatan negatif, yang arahnya berlawanan dengan arah gerak benda.
  3. Pada Gerak Parabola, siswa sulit memahami mengapa kecepatan pada puncak suatu proyektil adalah nol, meskipun percepatannya tidak nol. mereka berpikir, jika kecepatan nol maka percepatannya juga harus nol.
  4. Dalam konsep Gerak Selaras, mereka berpikir, gerak selaras hanya terjadi jika percepatan konstan. mereka tidak mengerti bahwa gerak dengan kecepatan nol juga merupakan gerak selaras.
  5. Pada gerak beraturan, siswa berpikir bahwa gerak beraturan hanya terjadi jika percepatan tetap. mereka berpendapat bahwa kecepatan tetap hanya terjadi jika percepatannya juga tetap.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar