Rabu, 21 Oktober 2009

Cara belajar kakakmu yang sukses

4. Nama : Mikha Julianto

Kelas : A1 / 23

Tahun ajaran : 2001-2002

Metode Belajar :

Bagi saya secara pribadi,saya mengelompokkan metode belajar saya kedalam 2 bagian,yaitu metode belajar ketika saya akan menghadapi tes-tes harian dan metode belajar untuk menghadapi tes-tes akhir catur wulan ataupun akhir tahun pelajaran sekolah.

Hal yang paling mendasar adalah dimana akan saya belajar hanya dalam satu atau dua hari menjelang tes,karena saya tergolong orang yang tidak bisa dengan sistem belajar mencicil.

Secara garis besar,cara-cara atau metode-metode belajar yang saya lakukan adalah :

1. Pastikan bahwa saya telah memiliki waktu istirahat(tidur siang) yang cukup sehingga kondisi badan dan otak saya akan lebih segar.

2. Selalu berdoa terlebih dahulu sebelum saya belajar.

3. Persiapkan dengan baik buu-buku yang akan dipelajari,maksudnya adalah agar pada saat belajar saya tidak perlu mencari-cari lagi buku yang penting dan yang harus saya pelajari.

4. Belajar di dalam kamar dan mengunci pintu agar tidak ada gangguan.

5. Pastikan suasana disekitar sudah tenang sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar.

6. Baca terlebih dahulu buku pegangan/buku-buku paket yang ada.

7. Temukan inti pokok/pikiran dalam tiap pembahasan yang ada dan langsung mengingat/menghafal inti pokok pikiran tersebut.

8. Berusaha mengembangkan dengan bahasa dan kata-kata sendiri agar dapat lebih mudah dimengerti.

9. Mencari bagian-bagian dalam pembahasan yang kurang dimengerti pada buku-buku pegangan lain atau menanyakan kepada teman yang lebih menguasai/lebih mampu.

10. Apabil asudah merasa lelah,saya akan beristirahat dalam waktu kurang lebih 15 menit dengan minum dan sedikit mendengarkan musik.

11. Bila sudah selesai belajar,saya akan berusaha mengingatnya kembali secara garis besar.

12. Pada sat sebelum tes,saya akan melihat –lihat kembali bahan-bahan yang sudah saya pelajari.

Hal-hal seperti diatas sering saya lakukan dalam belajar pelajaran-pelajaran yang bersifat teori.Apabila akan menghadapi tes yang bersifat hitungan,saya akan mengubah beberapa point diatas,dimana saya tidak akan membaca seluruh pembahasan dalam buku pegangan,melainkan saya akan langsunng mengerjakan latiahan soal-soal dengan deasar rumus-rumus yang sudah saya hafal dari pelajaran sehari-hari disekolah.

Dalam menghadapi tes akhir catur wulan /akhir tahun pelajaran /ulangan umun.Metode belajar saya akan sama dengan langkah-langkah yang telah saya uraikan,tetapi saya kan mulai belajar secara mundur,dimana pelajaran catur wulan III akan saya pelajari terlebih dahulu,baru kemudia pelajaran catur wulan II dan I.Hal itu saya lakukan karena komposisi untuk ulangan umum kenaikan kelas adalah 50% untuk catur wulan III,30 % untuk catur wulan II dan 20 % untuk catur wulan I.Begitu pula dengan ulangan umum/tes catur wulan,saya akan belajar secara mundur mulai dari bab-bab akhir menuju ke bab-bab awal.

Demikianlah metode belajar yang saya lakukan,namun satu hal yang tidak kalah penting dalam mencapai nilai yang baik adalah dengan berdoa terlebih dahulu sebelum saya mengerjakan soal-soal tes tersebut.


Nama hampir sama dengan saya(pemilik blog ini) , tapi nasibnya lebih baik. Ia sekarang kerja di Negara naga asia tenggara yaitu Singapura dibidang komputer. Hebat Ya !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar