Minggu, 21 Februari 2010

Distorsi bintang-bintang di Langit oleh lubang hitam Schwarzschild

Program interaktif baru mengungkapkan pertunjukan cahaya spektakuler Anda akan melihat jika Anda berani untuk berjalan dekat dengan lubang hitam. Ini menunjukkan bagaimana gravitasi ekstrem dari lubang hitam akan muncul ke sobekan latar belakang konstelasi bintang, berputar di sekeliling seolah-olah dalam raksasa mesin cuci hitam.
Pencipta program mengatakan itu dapat menjadi alat yang sangat baik untuk membiasakan orang-orang dengan cara lubang hitam membelokkan cahaya. "Ini bermanfaat bagi orang untuk bermain-main dengan parameter untuk mempelajari bagaimana, misalnya, lubang hitam akan merusak konstelasi Orion," kata Thomas Müller dari Universitas Stuttgart di Jerman.
Sebuah lubang hitam terbentuk ketika sebuah bintang masif meledak di akhir hidupnya, inti runtuh ke suatu titik dengan kerapatan yang sangat besar dan tarik gravitasi yang sangat besar. Bahkan pada jarak yang aman dari lubang hitam, gravitasinya dapat mengganggu posisi jelas latar belakang bintang-bintang, suatu efek yang disebut gravitasi lensing.

Tahun lalu, para ilmuwan di University of Colorado menunjukkan videoMovie Kamera dari apa yang Anda akan melihat jika Anda jatuh ke lubang hitam.
Sekarang Müller dan Stuttgart kolega Daniel Weiskopf telah selangkah lebih maju, menciptakan sebuah program yang memungkinkan Anda mengubah berbagai masukan untuk mempelajari lubang hitam sekitarnya.
REAL DATA
Program ini menggabungkan posisi nyata sekitar 118.000 bintang dipetakan oleh European Space Agency's Hipparcos satelit. Pengguna dapat memilih jarak dari lubang hitam, lalu pergi ke orbit atau terjun langsung masuk

Anda dapat melihat lingkaran hitam yang menandai cakrawala peristiwa lubang - batas dari yang ada, bahkan cahaya, dapat melarikan diri. Cahaya bintang latar belakang mendistorsi saat lewat dekat cakrawala peristiwa.

Contoh ini menunjukkan tampilan simulasi sementara mengorbit lubang hitam di radius lima kali lebih besar daripada cakrawala peristiwa. Di latar belakang, konstelasi Orion bergerak ke arah lubang hitam dari kanan, kemudian mendapat iris dan berbalik.

'Seperti cermin'

"Konstelasi mendekati lubang hitam, maka anda melihat bintang-bintang seperti Betelgeuse - bahu kiri Orion - muncul dua kali, di sebelah kanan dan kiri lubang hitam," Müller kepada New Scientist. "Seolah-olah lubang hitam adalah seperti cermin."

Serta akuntansi untuk gravitasi lensing, simulator menunjukkan bagaimana akan berubah warna bintang di dekat lubang hitam. Gravitasi yang intens membuat bintang-bintang latar belakang merah muncul karena menguras energi foton yang melintas dekat cakrawala peristiwa; foton peregangan untuk lebih panjang, merah panjang gelombang ketika mereka "memanjat keluar" dari perangkap gravitasi.

Tapi efek ini menetral oleh kecepatan anda ketika Anda sedang jatuh bebas menuju lubang hitam - bepergian di hampir kecepatan cahaya, bintang-bintang di latar belakang lubang hitam biru giliran karena Efek Doppler. Dalam simulasi meniru seperti terjun bebas tanpa hambatan, cahaya seluruh alam semesta muncul terkonsentrasi ke cincin terang setelah Anda mencapai tengah lubang hitam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar