Senin, 15 Februari 2010

LKS | Membuat Termometer Sederhana

Tujuan
Menetapkan skala suatu termometer

Alat dan bahan
  • Termometer raksa yang belum diberi skala
  • Es batu, air panas, satu set alat pemanas, labu didih, gelas dan corong kaca
  • Kain lap, spidol, kertas milimeter, dan penggaris

Langkah kerja
  1. Masukkan es ke dalam gelas atau corong kaca, kemudian masukkan termometer. Biarkan beberapa saat sampai kedudukan raksa stabil/tidak turun lagi. Kemudian pada kedudukan raksa tersebut diberi tanda angka 0 (nol) dengan spidol. Tanda ini sebagai titik tetap bawah termometer dengan nilai 0°C.
  2. Masukkan air panas ke labu didih, kemudian panaskan sampai airnya mendidih. Masukkan termometer ke dalam air yang sedang mendidih hingga tampak raksa naik dan berhenti pada tempat tertinggi. Selanjutnya beri tanda angka 100 dengan spidol. Tanda ini sebagai titik tetap atas termometer dengan nilai 100°C.
  3. Ambil termometer dan keringkan termometer dengan kain lap. Letakkan termometer di atas kertas milimeter. Dengan bantuan penggaris, letakkan titik tetap bawah dan titik tetap atas pada kertas milimeter. Bagi jarak antara titik tetap bawah dan titik tetap atas menjadi sepuluh bagian yang sama. Tandai dengan angka secara berurutan dari titik bagian itu mulai dari 0, 10, 20, 30, 40, 50, 60, 70, sampai 100.
Pertanyaan
  1. Dari penetapan skala tadi, coba kamu ukur suhu pada air panas, dan air dari es yang telah melebur. Berapa derajat suhunya?
  2. Ganti termometer dengan termometer yang telah jadi. Apakah hasilnya sama dengan termometer buatanmu tadi?
  3. Apa yang dapat kamu simpulkan?


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar