Senin, 26 November 2012

ISLAMISASI SOAL FISIKA (bukan Fisika tok lho)

Islamisasi secara bahasa adalah pengislaman atau menjadikan islam. Jadi yang kami maksudkan dengan islamisasi soal fisika adalah dalam penulisan soal-soal fisika kita menggunakan kalimat/kata yang berhubungan dengan islam. Bisa diambilkan dari Al Qur'an, Hadits, sejarah islam, de el el. Sebagai contoh, sering kita menjumpai soal fisika seperti ini: 
Sebuah benda bergerak dengan kecepatan 30 m/s dalam waktu 2 menit. berapakah jarak yang ditempuh selama waktu tersebut?

Proses islamisasi soal diatas yang saya maksud bisa kita ubah seperti ini:

Ahmad dari rumahnya menuju masjid untuk sholat berjamaah mengendarai sepeda dengan kecepatan 30 m/s. Dalam waktu 2 menit, Ahmad sampai di masjid. Tentukan Jarak rumah Ahmad dengan masjid?

Tentunya dalam membuat soal fisika tidak bisa semua materi bisa kita islamisasikan. Karenanya kita harus cermat setiap membuat soal, sekuat tenaga dan pikiran berusaha untuk menyisipkan nilai-nilai keislaman. Apabila mentok yaaa.....gimana lagi. hehehehe......, Berikut contoh soal yang saya buat, untuk materi GELOMBANG:


1. Perhatikan terjemah QS. Al- Baqarah: 19-20: 19. ” atau seperti (orang-orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit disertai gelap gulita, guruh dan kilat; mereka menyumbat telinganya dengan anak jarinya, karena (mendengar suara) petir, sebab takut akan mati. Dan Allah meliputi orang-orang yang kafir”. 20. ‘Hampir-hampir kilat itu menyambar penglihatan mereka. Setiap kali kilat itu menyinari mereka, mereka berjalan di bawah sinar itu, dan bila gelap menimpa mereka, mereka berhenti. Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia melenyapkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu”.

Petir adalah fenomena alam yang terjadi akibat adanya bunga api di awan dengan energi yang sangat besar sehingga menimbulkan panas, rentetan cahaya dan bunyi yang sangat kuat. 
a. Termasuk gelombang apakah bunyi (suara) itu? Jelaskan! 
b. Termasuk gelombang apakah cahaya itu? Jelaskan! 
c. Saat kita mengamati terjadinya petir, ada dua macam indra yang kita libatkan, yaitu penglihatan untuk mengamati kilatan cahaya dan pendengaran untuk mendengar bunyi petir. Mengapa kilatan cahaya selalu tampak lebih dulu terjadi daripada bunyi petirnya? Jelaskan!

2. Nabi Shallallahu'alaihi wasallam bersabda; "Akan muncul di kalangan umat ini -dan ia tidak mengatakan dari umat ini- suatu kaum yang kalian akan meremehkan shalat kalian bila dibandingkan dengan shalat mereka, mereka membaca al Qur`an namun tidak melewati kerongkongan atau tenggorokan mereka, mereka keluar dari agama sebagaimana anak panah keluar dari busurnya, lantas sang pelempar melihat anak panahnya, mata panahnya hingga kain panahnya, hingga seolah-olah anak panah itu keluar dalam tempat senar, apakah ada darah yang menempel?" HR. Bukhari. 

Sebuah senar atau dawai mempunyai panjang 60 cm digetarkan dan terdengar nada dasar dengan frekuensi 300 Hz. Hitunglah cepat rambat gelombang dalam senar atau dawai tersebut? 

3. Harits bin Hisyam pernah bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam; "Bagaimana caranya wahyu datang kepada Anda?" Jawab beliau: "Terkadang wahyu datang kepadaku seperti bunyi lonceng. Itulah yang paling berat bagiku. Kemudian bunyi terputus, sedangkan aku telah memahami maksudnya. Terkadang malaikat datang menyerupai bentuk laki-laki, lalu aku memahami apa yang dikatakannya." HR.Muslim.

Jika intensitas bunyi sebuah lonceng sebesar 10-3 W/m2. Tentukan:
a. Taraf intensitas bunyi lonceng tersebut 
b. Taraf intensitas dari 100 loceng yang identik jika dibunyikan bersama-sama

 4. QS. Az Zumar: 68: ‘dan ditiuplah sangkakala, Maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi Maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)”. 

Usamah Bin Zaid dalam keadaan diam meniup sangkakala (terompet) dengan frekuensi 1320 Hz. Seseorang sahabat berlari dengan kecepatan 10 m/s. Jika cepat rambat bunyi di udara330 m/s, tentukan frekuensi yang didengar sahabat tersebut jika:
a. Berlari mendekati Usamah Bin Zaid
b. Berlari menjauhi Usamah Bin Zaid (skor: 3) 

Islmaisasi soal bukan hanya bisa diterapkan dalam soal fisika saja, tetapi untuk soal mata pelajaran lain. AYO KITA COBA !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar