Rabu, 17 Juli 2013

Mengapa Orang Suka Menyanyi Di Kamar Mandi?


Banyak orang suka menyanyi di kamar mandi. Mulai dari penyanyi professional sampai orang-orang yang berbakat membuat sakit kepala orang lain dengan nyanyiannya, semua merasa senang bernyanyi di kamar mandi. Ya, sepertinya suara kita terdengar lebih bagus di kamar mandi. Hal ini pun membuat para penyanyi amatir mendadak merasa bagaikan artis papan atas ketika berada di kamar mandi.

Kita perlu berkonsultasi dengan ilmu fisika untuk mencari tahu mengapa hal ini bisa terjadi. Yuk mari.

Pertama-tama, kita perlu mengidentifikasi apa sebenarnya perbedaan suara kita antara ketika berada di kamar mandi dan ketika berada di kamar biasa. Jika Anda perhatikan dengan seksama, suara kita di kamar mandi terdengar lebih panjang daripada aslinya. Hal ini pun menjadi semacam efek mengagumkan  yang memperindah suara. Lantas dari mana asal suara perpanjangan tersebut?

Suara adalah gelombang yang merambat melalui udara. Seperti layaknya gelombang lain, suara dapat mengalami pemantulan ketika mengenai permukaan yang keras. Dalam istilah fisika, hasil pemantulan suara disebut echo. Secara jelas, echo dapat diamati ketika Anda berteriak di  lereng gunung. Pada saat Anda berteriak “Haiii” di daerah lereng gunung, maka beberapa saat kemudian Anda akan mendengar lereng gunung tersebut bersahutan meniru teriakan “Haiii” Anda. Hal ini dapat terjadi karena dinding lereng gunung merupakan permukaan yang keras sehingga mampu memantulkan suara Anda (memunculkan echo). Jarak antara diri Anda dan lereng gunung tersebut juga cukup jauh, sehingga echo yang terjadi terdengar jelas, terpisah dari suara asli Anda.

Kamar mandi juga memiliki permukaan dinding yang keras, sehingga dapat memantulkan suara Anda seperti halnya lereng gunung. Terjadilah echo ketika Anda bernyanyi di dalam kamar mandi. Akan tetapi, jarak antara diri Anda dan dinding kamar mandi terlalu dekat untuk dapat memunculkan echo yang terpisah dari suara aslinya. Suara Anda memantul terlalu cepat sehingga segera bersatu dengan suara asli. Fenomena ini disebut reverberation. Inilah yang menyebabkan suara asli kita terdengar lebih panjang di kamar mandi. Alhasil, suara kita terdengar lebih spektakuler dibuatnya  :D

Lantas mengapa efek suara fantastis ini tidak muncul ketika kita bernyanyi di kamar tidur? Bukankah dinding kamar tidur juga keras seperti dinding kamar mandi? Begini. Tak seperti kamar mandi yang relatif lowong, kamar tidur banyak berisi beraneka barang. Barang-barang ini misalnya kasur, meja, lemari, pakaian, dan mereka menyerap suara karena bersifat lunak. Alhasil, alih-alih memantul dan memunculkan echo, suara kita justru diserap oleh barang-barang tersebut di kamar tidur.

Nah, sekarang Anda telah paham mengapa kamar mandi dapat memiliki efek ajaib yang membuat orang-orang tertentu merasa bagaikan Ariel Noah ketika bernyanyi di dalamnya :D



1 komentar:

  1. Yth. Saudara Blogger, artikel ini sama persis dengan artikel saya di blog detektif fisika, http://detektif-fisika-doni.blogspot.com/2013/06/mengapa-orang-suka-menyanyi-di-kamar.html. Jika memang Anda sangat perlu untuk copy-paste seperti ini, mohon cantumkan link sumber tersebut. Terimakasih.

    BalasHapus