Selasa, 26 Oktober 2010

VECSEL bisa berarti langkah maju untuk spektroskopi


Hans Zogg, kepala Thin Film Fisika Group di ETH Zurich di Zurich, Swiss, bekerja sama dengan A. Khair, M. Rahim, M. Isi, F. Felder dan F. Hobrecker untuk mewujudkan monomode pertama, terus merdu pertengahan inframerah VECSEL. Pekerjaan mereka disajikan dalam Fisika Terapan Surat: "Terus merdu monomode inframerah pertengahan rongga vertikal permukaan eksternal memancarkan laser pada Si."
"Vertikal permukaan rongga eksternal memancarkan laser, atau VECSELs, saat ini realisasi panjang gelombang sampai sekitar 2,5 mikrometer," jelas Zogg. "Mereka memiliki sejumlah properti dianggap menarik." Namun, dalam banyak kasus, itu perlu untuk membangun memancarkan laser pada panjang gelombang masih lama. Zogg dan rekan-rekannya telah membuat VECSEL yang beroperasi sekitar 5 mikrometer dan panjang gelombang, di samping itu, memiliki kontinu besar modus-hop range tuning gratis, menyederhanakan sistem, dan menciptakan laser yang berguna di bidang spektroskopi.
Tidak hanya desain laser yang disajikan oleh Grup Fisika Film Tipis terus merdu, tetapi juga memiliki kualitas yang baik balok. "VECSEL kami menawarkan kualitas balok sangat baik, jauh lebih baik daripada laser konvensional, yang emitter tepi," kata Zogg. Dia menunjukkan bahwa setup laser yang dimaksud adalah cukup kecil, sehingga praktis untuk berbagai aplikasi spektroskopi. "Anda tidak perlu banyak peralatan baru untuk melakukan ini, dan laser yang kecil dan biaya yang efektif."
Dalam rangka untuk menciptakan VECSELs ini, Zogg dan rekan-rekannya mulai dengan wafer silikon sebagai substrat. wafer ini ditumbuhi dengan lapisan penyangga, diikuti oleh cermin Bragg. cermin ini terdiri dari empat pasang bolak lapisan bahan bias tinggi dan bahan refraksi rendah. Hal ini kemudian ditumbuhi dengan lapisan aktif dengan ketebalan yang sangat kecil di bawah satu mikrometer. "Kami menggunakan chaclcogenides timbal yang sangat khusus di desain kami," kata Zogg. "Banyak orang telah berhenti menggunakan bahan-bahan ini, tetapi mereka sebenarnya cukup baik untuk aplikasi ini."
"Laser kami memiliki rongga pendek, sehingga sehingga hanya satu modus diperbolehkan. Ketika keluar, hanya ada satu panjang gelombang, "lanjut Zogg. "Namun, Anda dapat mengubah panjang rongga sedikit, yang mengarah pada perubahan panjang gelombang. Ini adalah tuning terus menerus kami menyebutkan di koran "Benar. Sekarang, laser beroperasi pada temperatur rendah, tetapi Zogg mengatakan bahwa mereka telah memiliki laser yang beroperasi pada suhu kamar. "Ini akan membantu dalam pengembangan menggunakan untuk VECSEL kami."
Langkah berikutnya, Zogg menjelaskan, adalah dengan menggunakan daya pompa kurang sementara mendapatkan lebih banyak output daya. "Ini akan - akhirnya - mengakibatkan permintaan input daya yang lebih kecil dan temperatur operasi yang lebih tinggi. Para VECSELs cocok untuk semua panjang gelombang antara sekitar 2,5 dan 15 mikrometer. "
Zogg mengatakan bahwa rekan-rekannya di Grup adalah mendirikan sebuah perusahaan startup untuk menjual modul laser berdasarkan teknologi. "Memang ada pasar untuk teknologi kami. Itu ide yang scalable, dan begitu kami telah mengalihkan know-how, modul tersebut dapat berguna bagi audiens yang lebih luas. "
Informasi lebih lanjut: A. Khiar, M. Rahim, M. Isi, F. Felder, F. Hobrecker, dan H. Zogg, "Terus merdu monomode permukaan rongga inframerah pertengahan vertikal eksternal memancarkan laser pada Si," Fisika Terapan Surat (2010 ). Tersedia online: http://link.aip.or ... 5/p151104/s1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar