Sabtu, 24 September 2011

Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika (Bagian 1)

Catatan ini saya ambil dari buku "Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika" karangan Paul Suparno, dosen pendidikan fisika dan rektor USD Yogyakarta (tahun 2005).

1. Gerak
Kebanyakan siswa secara spontan mengatakan bahwa sebuah benda yang massanya lebih besar jatuh lebih cepat daripada benda yang ringan pada peristiwa gerak jatuh bebas. Padahal, menurut prinsip fisika, kedua benda tersebut akan jatuh dengan percepatan yang sama dan waktu yang ditempuh hingga menyentuh lantai pun sama (bila tidak ada unsur lain yang mempengaruhi).


2. Vektor
Banyak siswa yang menjumlahkn vektor seperti menjumlahkan bilangan biasa tanpa memperhatikan sudut dan arahnya.

3. Gaya, Massa dan, Berat
Banyak siswa yang menganggap berat sama dengan massa, sehingga menuliskan satuan berat pun dengan kilogram.
Siswa juga beranggapan bahwa setiap gaya akan menyebabkan benda bergerak. Akibatnya, mereka berpikiran bahwa jika tidak ada gerak sama sekali maka tidak ada gaya yang bekerja.
Misalnya, seseorang yang mendorong lemari yang sangat berat sehingga lemari tidak bergeser. Apakah berarti tidak ada gaya yang bekerja padanya?

4. Hukum Newton
Banyak siswa beranggapan bahwa, gaya aksi dan reaksi dalam hukum III Newton bekerja pada benda yang sama.
Banyak siswa yang memahami bahwa suatu benda yang diam di atas meja, tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut.
Banyak siswa yang berpendapat bahwa besarnya gaya gesekan hanya dipengaruhi oleh kekasaran permukaan itu. Tetapi sebenarnya ada unsur lain yang mempengaruhi, yaitu massa benda itu sendiri dan gaya yang bekerja pada benda tersebut.

5. Kerja, Kekekalan Energi, dan Momentum
Banyak siswa yang berpendapat bahwa jika suatu benda diberi gaya, tetapi benda tersebut tetap diam dikatakan pada benda tersebut terjadi kerja (usaha).
Siswa sulit memahami mengapa jika seseorang mendorong mobil sekuat tenaga, bahkan sampai berkeringat, ia tidak melakukan kerja. Mereka berpikir, jika seseorang melakukan aktifitas dengan suatu energi, ia membuat suatu kerja.
Siswa juga sulit memahami bahwa pada benda yang diam tidak mempunyai energi. Padahal dalam fisika, ada energi potensial yang terjadi pada benda karena kedudukannya.
Banyak siswa SMA menganggap bahwa jika ada dua mobil yang bertumbukan, kedua mobil akan berhenti karena kecepatan totalnya menjadi nol.

6. Mekanika Fluida
Banyak siswa beranggapan bahwa suatu benda tenggelam di air karena benda lebih berat daripada air.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar