Senin, 27 Agustus 2012

Mengapa Angin Tornado Dapat Menghisap Benda-Benda Di Sekitarnya?


Angin tornado adalah angin yang berputar dengan cepat dan membentuk semacam corong berukuran raksasa. Angin ini merupakan angin yang sangat merusak karena memiliki daya hisap yang luar biasa. Atap rumah, mobil, dan benda-benda besar lainnya tak jarang menjadi korban hisapannya. Suatu pemukiman pasti porak-poranda jika terkena angin tornado.

Pertanyaannya, mengapa angin tornado dapat menghisap benda-benda di sekitarnya?

Angin tornado terbentuk dari putaran udara yang sangat cepat. Kecepatan putarannya dapat mencapai 480 km/jam*. Udara termasuk jenis fluida. Berdasarkan Prinsip Bernoulli, semakin cepat suatu fluida bergerak, tekanannya akan semakin rendah. Oleh sebab itu, tekanan udara di dalam tornado sangat rendah.

Sebaliknya, udara di luar tornado (awalnya) cenderung diam, sehingga berdasarkan Prinsip Bernoulli, udara ini memiliki tekanan udara yang jauh lebih tinggi daripada tekanan udara di dalam tornado. Karena sifat fluida adalah mengalir dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah, maka akibatnya, udara di sekitar tornado akan mengalir ke arah tornado. Dengan bahasa sederhana, udara di sekitar tornado “terhisap” oleh tornado tersebut.

Terhisapnya udara ke arah tornado, dengan jumlah yang sangat besar dan kecepatan yang sangat tinggi, menyebabkan benda-benda yang dilewatinya ikut terseret. Itulah sebabnya benda-benda di sekitar angin tornado dapat terhisap masuk ke dalam pusarannya.

Semoga bermanfaat.

*******
(Ditulis Oleh Doni Aris Yudono)


Sumber Data:

Sumber Gambar:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar