Senin, 27 Agustus 2012

Mengapa Kabel Listrik Di Pinggir Jalan Terpasang Secara Kendur?


Listrik telah menjadi kebutuhan vital di jaman modern ini. Sehari saja arus listrik padam, kegiatan kita kacau-balau. Hampir semua kebutuhan listrik masyarakat disediakan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara). Listrik tersebut dialirkan oleh PLN melalui jalinan kabel-kabel di seantero kota, termasuk kabel-kabel yang dipasang di tiang-tiang listrik di pinggir jalan.

Jika Anda perhatikan, ternyata kabel-kabel di tiang listrik itu selalu terpasang secara kendur (melengkung ke bawah). Padahal jika dibuat ketat (lurus) dari tiang ke tiang tentunya akan terlihat lebih rapi. Hal ini juga akan lebih menghemat jumlah kabel yang digunakan. Lantas, mengapa harus dipasang secara kendur begitu?

Ini jawabannya.

Zat-zat yang ada di alam ini memiliki kecenderungan untuk memuai ketika suhunya panas dan menyusut ketika suhunya dingin. Pada siang hari, matahari menyinari permukaan bumi, sehingga suhu di siang hari menjadi panas. Sebaliknya, pada malam hari, matahari tidak menyinari permukaan bumi, sehingga suhu di malam hari menjadi dingin. Apa akibatnya terhadap kabel listrik?

Akibatnya adalah, kabel listrik akan memuai (bertambah panjang) pada siang hari dan menyusut (bertambah pendek) pada malam hari.

Nah, Jika kabel listrik dipasang terlalu ketat, maka kabel tersebut akan menyusut sedemikian pendek ketika cuaca malam terlampau dingin. Hal ini dapat mengakibatkan putusnya kabel. Itulah sebabnya kabel listrik dipasang secara kendur, agar ketika suhu malam hari sangat dingin, kabel tidak terlalu ketat sehingga tidak putus.

Mungkin Anda berpikir, kalau begitu, pasang saja kabel secara ketat pada malam hari, toh ia akan mengendur pada siang hari dan kembali ke ukurannya semula ketika malam tiba. Sepintas, pemikiran seperti ini tampak masuk akal. Kita memang bisa menentukan seberapa ketat kabel berdasarkan perkiraan suhu. Akan tetapi, sangat mungkin terjadi bias (kekeliruan) dalam sistem perkiraan, sehingga meningkatkan resiko putusnya kabel.

Akan jauh lebih aman dan lebih praktis, jika kabel dipasang secara kendur saja, seperti yang selama ini dilakukan oleh PLN.

Semoga bermanfaat.


*******
(Ditulis Oleh Doni Aris Yudono)

Sumber Gambar:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar