Kamis, 13 September 2012

Lebih Baik Diinjak Gajah Atau Diinjak Wanita Bersepatu?


Mungkin Anda akan langsung menjawab, Ya jelas lebih baik diinjak wanita bersepatu lah, karena wanita 'kan tidak seberat gajah!

Faktanya, bobot seekor gajah memang jauh lebih besar daripada bobot seorang wanita. Massa gajah adalah sekitar 4.000 kg, sedangkan massa seorang wanita hanyalah sekitar 40 kg. Akan tetapi, ketika gajah dan wanita menginjak kita, tekanan yang kita rasakan belum tentu sebanding dengan bobot mereka.

Tekanan merupakan perbandingan antara berat dan luas permukaan. Seekor gajah memang jauh lebih berat daripada seorang wanita, namun penampang kaki gajah juga jauh lebih luas daripada hak sepatu wanita. Tubuh gajah yang super berat diimbangi oleh penampang kakinya yang luas. Sebaliknya, tubuh wanita yang ringan tidak diimbangi oleh penampang hak sepatunya yang sangat kecil. Akibatnya, tekanan yang diberikan oleh injakan seorang wanita akan jauh lebih besar daripada injakan seekor gajah.

Supaya lebih jelas, mari kita bandingkan nilai tekanannya. Rumus tekanan adalah p = F/A, dengan F adalah berat benda, dan Aadalah luas penampang benda. Kita andaikan gajah dan wanita akan menginjak tubuh kita dengan satu kaki, di mana si wanita akan melakukan injakan dengan hak sepatunya.

Seekor gajah memiliki massa 4.000 kg*, sehingga beratnya = 40.000 N. Dengan luas penampang kaki sebesar 0,1 m2*, maka tekanan yang dihasilkannya adalah sebesar 400.000 Pa (empat ratus ribu pascal).

Seorang wanita memiliki massa 40 kg, sehingga beratnya = 400 N. Dengan luas penampang hak sepatu sebesar 0,0001 m2*, maka tekanan yang dihasilkannya adalah sebesar 4.000.000 Pa (empat juta pascal).

Dari hasil hitungan tersebut, tampak bahwa tekanan yang dihasilkan oleh injakan wanita adalah sepuluh kali lebih besar daripada tekanan yang dihasilkan oleh injakan gajah.

Jadi, sekarang Anda lebih memilih diinjak gajah atau diinjak wanita bersepatu?  (^_^)


*******
(Ditulis Oleh Doni Aris Yudono)

Sumber Data:
*Kanginan, Marthen. (2012). IPA fisika untuk SMP kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Sumber Gambar:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar