Sabtu, 01 September 2012

Mengapa Freezer Kulkas Diletakkan Di Bagian Atas?



Mencegah makanan cepat busuk, mendinginkan air minum, dan membuat es batu, semuanya bisa dilakukan dengan kulkas (lemari es). Perkakas rumah tangga ini telah umum dimiliki di hampir tiap rumah, terutama di daerah perkotaan.

Anda tentu ingat bahwa freezer kulkas letaknya di bagian atas. Pernahkah Anda melihat kulkas yang freezer-nya diletakkan di bagian bawah? Tentu tidak pernah. Apakah hal ini hanya kebetulan atau hanya untuk kepentingan artistik semata? Ternyata tidak. Peletakan freezer di kulkas bagian atas memiliki tujuan tertentu yang didasarkan pada konsep fisika.  

Ruangan kulkas didinginkan dengan cara menyerap kalor dari udara yang berada di dalam ruangan kulkas itu. Penyerapan kalor tersebut dilakukan oleh zat khusus yang disebut freon. Freon dialirkan melalui pipa-pipa kecil yang terdapat di belakang ruangan kulkas. Terjadi sirkulasi penyerapan kalor dari dalam ruangan kulkas dan pembuangan kalor tersebut ke luar kulkas yang dilakukan oleh freon, sehingga ruangan kulkas menjadi dingin.

Jika freon dialirkan ke seluruh bagian ruangan kulkas, maka energi listrik akan lebih banyak terpakai. Hal ini tidak efisien. Oleh sebab itu, freon hanya dialirkan ke bagian tertentu dari kulkas, dan bagian itu adalah freezer.

Jadi, sebetulnya freon hanya mendinginkan udara di dalam freezer. Udara di ruangan bawahnya tidak didinginkan. Kalau begitu, mengapa seluruh ruangan kulkas dapat menjadi dingin?

Ketika udara mendingin, volumenya menyusut. Penyusutan volume ini menyebabkan massa jenis udara membesar. Akibatnya, udara dingin menjadi lebih berat daripada udara hangat. Udara dingin yang berat itu akan bergerak ke bawah sedangkan udara hangat yang ringan akan menggantikan posisi udara dingin di atas.

Berdasarkan prinsip ini, udara dingin yang ada di dalam freezer akan bergerak ke bawah. Udara hangat yang ada di bawah freezer kemudian akan naik ke dalam freezer untuk didinginkan kembali. Begitulah seterusnya hingga seluruh ruangan kulkas menjadi dingin.

Nah, jika freezer diletakkan di bawah, maka udara dingin yang terbentuk akan tetap berada di bawah dan tidak mungkin bergerak ke atas. Hal ini akan mengakibatkan ruangan kulkas bagian atas tidak akan pernah menjadi dingin. Itulah sebabnya freezer kulkas tidak pernah diletakkan di bawah.

Prinsip yang sama juga menjadi alasan mengapa AC diletakkan di atas ruangan, bukan di dekat lantai. AC yang diletakkan di atas ruangan akan menghembuskan udara dingin yang mengalir ke bawah sehingga orang yang berada di ruangan itu akan merasa sejuk secara keseluruhan. Jika AC dipasang didekat lantai, maka yang akan terasa sejuk hanyalah udara di permukaan lantai, sedangkan udara di atas tetap panas.


*******
(Ditulis Oleh Doni Aris Yudono)


Sumber Gambar:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar